Breaking News

Santri KH Z Mustofa Sukamanah Gelar Napak Tilas Mengingat Pejuang Nasional

Kab Tasikmalaya - Qjabar.com

Untuk mengenang para pejuang Pahlawan Nasional yang gugur dimedan perang untuk mempertahankan kemerdekaan pada tahun 1944. Ribuan Santri SMP/SMA KHZ.Mustofa Sukamanah Kabupaten  yang tergabung dalam  mengikuti acara gelar napak tilas untuk mengingatkan kita dan mengenang pejuang Nasional KHZ.Mustofa. Sabtu, (16/02/19).

Napak tilas ditempuh dengan jalan kaki sejauh kurang lebih 20 km, dimulai  dari sekolah KHZ.Mustofa di desa Sukamanah, rombongan melewati jalanan desa hingga ke dua tempat napak tilas KHZ.Mustofa yaitu ke Masjid Agung Gebu dan pesantren Cilenga dengan jarak lebih dari 20 km.

Perjuangan pahlawan Nasional berawal dari masa penjajahan Jepabg pada masa itu yang masih terus ingin merebut NKRI,dan menegakkan syiar islam.
Tujuan dari kegiatan ini untuk mengenang dan menghormati jasa para pejuang sekaligus Haul ke 75 tahun , dengan merasakan rasa semangat juang KHZ.Mustofa dalam mencari ilmu agama islam"Napak tilas ini untuk mengenang pejuang pahlawan Nasional KHZ.Mustofa pada  saat itu dalam menuntut dan mendalami ilmu agama islam,sehingga dalam acara napak tilas ini kita adakan setiap tahunnya".Ujar Eni Nuraeni S.Pd.,M.Pd selaku kepala sekolah SMA KHZ.Mustofa Sukamanah.

Eni Nuraeni menambahkan, cara ini kita  bisa mewariskan semangat perjuangan dan kebangsaan kepada generasi muda, dan juga berpartisipasi dalam mencari dan menuntut ilmu agama, dengan kegiatan yang bernilai edukasi.

Dengan  kegiatan napak tilas ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan satu tahun sekali, setiap bulan Februari dalam kegiatan Haul ini banyak sekali rangkaian kegiatan yang akan kami laksanakan, diantaranya napak tilas, bakti sosial, khitanan massal, haplah di pesantren, ziarah ke makam pahlawan, pemutaran film. Puncaknya peringatan Haul yang jatuh pada tanggal 25 Februari mendatang.

"Kegiatan napak tilas ini untuk menanamkan nilai-nilai spiritual dan intelektual, nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme yang mendasari semangat juang Pahlawan Nasional KH Zainal Mustafa Sukamanah terhadap generasi muda, selain itu juga untuk merasakan semangat juang yang dulu pernah As-Syahid KH Zainal Mustafa rasakan, oleh karenanya dalam rute napak tilas ini merupakan rute beliau pada saat dahulu mempelajari ilmu agama.

Dengan kegiatan ini juga harus dapat menjadi semangat dan bisa mengenang perjuangan para pahlawan terutama Pahlawan Nasional KH Zainal Mustofa,dengan melibatkan hampir dua ribuan, dari seluruh  santri,dan warga sekolah".Paparnya.

Ditempat terpisah selaku sekretaris Yayasan  Acep Wahid mengatakan kegiatan tersebut untuk mengenang para pahlawan,sekaligus peringaran KHZ.Mustofa ke-75 dan tasyakur pesantren sukamanah yang ke-92tahun.
“Untuk kegiatan napak tilas ini perlu dihayati oleh para santi pada saat menimba ilmu,tidak hanya seremonial belaka,sehingga bisa meneladani nilai sepiritual perjuangnnya ".Jelas Acep  wahid.




Jurnalis : (dan).

Tidak ada komentar