Breaking News

Puluhan Seniman Gelar Aksi Melukis Mural

Tasik Kota -Qjabar.com

Puluhan seniman menggelar aksi melukis tembok (mural) di kampung tersebut.  Senin (04/02/2019). Mereka menggambar  di dinding.

Angga selaku ketua pelaksana mengatakan, "melukis mural tersebut dengan tujuan untuk menciptakan dan menimbulkan rasa cinta terhadap budaya payung geulis."Kami selaku warga setempat ingin menciptakan rasa cinta terhadap budaya payung geulis, supaya budaya ini  tidak tertinggal dari  budaya  yang ada di kota Tasikmalaya.

Tak haya itu Angga mengungkapkan kegiatan tersebut untuk mengenalkan sekaligus mempromosikan  seni budaya  yang ada dikota Tasikmalaya kepada warga luar kota dan warga asing atau manca negara.

"kita kemas sebagai rangkaian bagian untuk mempromosikan wisata heritage Kota Tasikmalaya dan menarik para tamu mancanegara." Ujarnya.

Peserta lukis murtal berasal seniman-seniman  pelukis mural pinggiran.Ada 23 pelukis yang diikutsertakan pada acara tersebut. Tak hanya warga setempat saja, bahkan ada yang dari luar daerah.

Budi mengatakan, Pemkot akan terus berupaya dalam pengembangan kepariwisataan dan mendorong kemandirian kawasan industri kampung wisata sebagai salah satu destinasi pariwisata yang memiliki daya saing.

“Kami berharap acara ini menjadi tonggak awal majunya kawasan industri wisata dalam meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dari sektor pariwisata,“ ujarnya.
Budi menambahkan, Kota Tasikmalaya memiliki 8 komoditi unggulan yang dapat dijadikan destinasi wisata industri kreatif seperti Bordir, Anyaman Mendong, Anyaman Bambu, Usaha Kayu Olahan, Batik, Payung geulis, Makanan Ringan dan Kelom Geulis.

“Kita harus siap menerima wisatawan dengan program sapta pesona yang aman, bersih, indah, sejuk, nyaman ramah tamah dan penuh kenangan agar datang dan melihat industri payung geulis di Kota Tasikmalaya,“ paparnya.

Berbagai mural menarik bertemakan kearifan lokal khas Tasikmaalaya seperti Bordir,anyaman andong,payung geulis dan sandal kelom geulis menjadi pilihan para peserta. Beberapa cagar budaya yang menjadi ikon Kota Tasikmalaya tergambar indah di dinding-dinding kawasan area Olahraga dan jalan.

Mulai kawasan pusat Olahraga Dadaha,belum lagi Jalan H.Z.Mustofa  yang juga tampak dilukis mural bersama kawasan cagar budaya lainnya. Bahkan tak ketinggalan kampung - kampung wisata tematik di Kota tasikmalaya tak luput dari kreasi para seniman mural ini. "Pungkasnya.



Jurnalis :(dan)

Tidak ada komentar