Breaking News

Gerakan Kampung Membaca Isi Liburan Anak-anak Bojonggambir

Kab Tasikmalaya - Qjabar.com

Dalam mengisi libur sekolah pada semseter tahun 2018 ini (Jumat, 28 Desember 2018) Pendamping Sosial PKH Kecamatan Bojonggambir bekerjasama dengan Komunitas Ngejah sukses melaksanakan Temu Akrab Anak Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) kementerian Sosial Republik Indonesia dengan bertemakan ; “literasi untuk membangun rasa percaya diri”.

Kegiatan ini di implementasikan melalui Gerakan Kampung Membaca (GKM) Komunitas Ngejah. Kegiatan ini diikuti oleh 110 Anak KPM PKH mulai usia kelas 3 SD sampai kelas 8 SLTP yang ada di Desa Wandasari Kecamatan Bojonggambir Kab. Tasikmalaya.

"Dalam kegiatan ini anak-anak KPM PKH yang notabene berasal dari keluarga kurang mampu diajak untuk mengenal buku, membaca buku, mendongeng dan bermain berbagai macam permainan yang seru" Begitu kata Wawan selaku panitia kegiatan.

Melalui kegiatan diharapkan dapat lebih terdorong untuk mengenal buku dan membacanya, sehingga menumbuhkan rasa percaya diri yang kuat dalam dirinya serta menjadi pribadi yang berwawasan luas. Dan apabila kebiasan positif ini terus dipelihara oleh mereka maka hal ini jelas akan membawa pengaruh yang positif baik untuk dirinya maupun untuk keluarga, serta salah satu tujuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) yaitu memutus mata rantai kemiskinan antar generasi dapat terwujud.

Ana Sahiroh (10) salah satu anak KPM yang hadir dan menjadi peserta kegiatan mengungkapkan bahwa Gerakan Kampung membaca ini sangat seru dan banyak sekali manfaatnya ia berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan. "Saya harap kegiatan ini bisa rutin dilakukan karena seru dan banyak mengenal kawan baru" kata Ana

Ood Saodah (45) salah satu anggota PKH yang hadir saat mengantar anaknya mengikuti kegiatan ia sangat berharap kegiatan seperti ini terus dilaksanakan dan pendamping bukan hanya melaksanakan FDS (Family Development season) kepada ibu-ibu saja tetapi FDS yang ditujukan kepada anak-anak dan dapat terus memberikan motivasi kepada anak-anak PKH untuk lebih baik lagi seperti dalam kegiatan GKM ini., serta ia pun berharap ada bantuan buku bacaan untuk anak-anak sehingga minat membaca anak yang sudah mulai terbangun dapat  terjaga.

Salah satu pengurus senior Komunitas Ngejah yaitu Roni Nuroni mengungkapkan kekagumannya saat melihat antusias dan semangat anak-anak PKH dalam mengikuti Gerakan Kampung Membaca ini. "Luar biasa saya melihat semangat anak-anak ini, saya berharap kejasama yang kini dibangun dengan Pendamping PKH dapat diteruskan kerena adanya kesamaan visi misi antara PKH dan Komunitas ngejah." Ungkap Roni.

(Wawan Nursalam)

Tidak ada komentar