Breaking News

UPTD Puskesmas Tamansari Adakan Gebyar Gerakan Masyarakat Sehat

Tasik Kita - Qjabar.com

Puskesmas Tamansari Kota  Tasikmlaya menggelar Gebyar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Acara yang berlangsung di lapangan bola Tamansari , Itu merupakan bentuk kegiatan  untuk mewujudkan masyarakat sehat, Indonesia Kuat, menuju indonesia sehat.

Acara yang berlangsung meriah di lokasi tersebut dengan rancangan  acara yang dipandu oleh Even Organizer(EO) kegiatan diawali  senam aerobic bersama 510 siswa selolah  dasar dari 17 sekolah di Kecamatan Tamansari, kepala puskesmas beserta staf,  Camat Tamansari, Kepala sekolah dari 17 SD,sponsor, serta masyarakat umum.

Dr Mohammad Ali Sa'ban   kepala UPTD Puskesmas  Tamansari dalam laporannya mengemukakan Gebyar Germas merupakan langkah konkret promosi kesehatan dalam pencapaian tujuan pembangunan kesehatan.


Tujuannya antara lain implementasi promosi kesehatan, meningkatkan peran serta masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat.Gerakan hidup sehat merupakan suatu tindakan sistenik dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dan kemampuan hidup sehat.

“Selain itu mensosialisasikan Germas kepada masyarakat dan stakeholder lingkup Pemkab Kota Tasikmalaya, juga meningkatkan kemitraan terutama kepada pihak swasta melalui program CSR (corporate social rensponsibility) dan lainnya,” katanya.

Selanjutnya juga diserahkan 6 hadiah Permainan tradisional yaitu Permainan Gobag, Permaian Boyboyab, Permainan tarik tambang, permainan sorodot Gaplok, permainan perepet jengkol.

Dalam kegiatan tersebut yang membuat meriah dengan adanya live musik angklung.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr H Cecep Zaenal kholis M.M.,Kes  mengemukakan, "Kesehatan itu bukan segala-galanya,tetapi segalagalnya tanpa keshatan itu menjadi tidak berarti.

Melalui itu, mengajak kerja sama dalam mewujudkan masyarakat untuk berprilaku hidup sehat yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.

“Dengan mendorong program  Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga dan Germas, kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam upaya hidup sehat, sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dengan demikian tercipta masyarakat yang produktif serta dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional,” kata Dr Cecep dalam sambutannya.

Kegiatan Germas tersebut menurut dr Mohammad ali ada tiga yang diutamakan diantaranya, Kegiatan fisik atau aktifitas fisik minimal 30 menit, makan buah dan dayur dan pemeriksaan yang rutin, memfokuskan kepada para siswa Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Pihak kami mengundang yang ada di Tamansari .Hal ini dimaksudkan untuk menanamkan pola hidup bersih dan sehat ini sejak usia dini.,” kata Dia.

dr Mohamad Ali Sa,ban pun menambahkan "dalam kegiatan ini diperkenalkan pula permainan-permainan tradisional, "katanya.

Selain itu acara tersebut dimeriahkan denngan  peragaan cara mencuci tangan yang benar, makan buah bersama, makan siang bersama setelah usai makan diadakan sikat gigi bersama.Pesan dari dr Mohammad Ali Sa'ban" sebelum makan  lebih utama alangkah baiknya memakan buah-buahan terlebih dahulu, karena akan mengeluarkan enzim-enzim pencernaan jadi tubuh akan siap meneriman makanan yang berat” pungkasnya.

Jurnalis.(Dan)

Tidak ada komentar