Breaking News

Komunitas Ayam Pelung, Jadikan Ajang Solidaritas Persaudaraan

Kota Tasik - Qjabar.com

Komunitas Ayam Pelung Kota Tasikmalaya menggelar pameran ayam hias di arena  Kontes Hewan, Lapangan Dadaha (17/7/2018). Pameran tersebut banyak menyedot perhatian pengunjung, pasalnya ayam yang dipamerkan bukanlah seperti ayam-ayam yang biasa terlihat, melainkan ayam dengan bentuk yang unik.

Andik Supriatna salah seorang anggota Komunitas Ayam Pelung Tasikmalaya yang juga merupakan karyawan swasta yang ada di Kota Tasikmalaya ini mengatakan, Komunitas Ayam Pelung sudah ada sejak benerapa tahun lalu. Namun sudah vakum dalam beberapa tahun belakangan. Kini Komunitas Ayam  Pelung tasik  diharapkan kembali bertaji layaknya seekor ayam.

"Sesuai dengan namanya, Komunitas Ayam Pelung Tasik memiliki jumlah anggota yang tersebar di seluruh Provinsi Jawa Barat. Seperti tasimalaya, banjar, Ciamis,Cianjur dan masih banyak lagi dari daerah lain. Saat ini anggotanya sudah ratusan," terang Andik Supriatna

Di dalam keanggotaanya, Komunitas Ayam Hias Tasikmalaya dibedakan menjadi dua jenis anggota. Pertama ada anggota yang termasuk ke dalam jenis penghobi, dan kedua ada anggota yang termasuk ke dalam jenis peternak.

"Ada penghobi dan juga peternak. Namun keduanya sama dan membaur di dalam Komunitas Ayam Hias Tasikmalaya untuk saling membagi ilmu yang dimiliki," tutur Andik


Selain untuk mempromosikan jenis ayam hias di Tasik, Komunitas Ayam Hias Tasikmalaya juga merupakan wadah bagi mereka yang ingin mengetahui cara pembibitan ayam yang benar. Hal ini dikarenakan masih banyak yang belum mengetahui jenis vitamin apa yang harus diberikan kepada ayam hias.

"Pameran ini dilakukan untuk memperkenalkan ayam hias kepada masyarakat. Selama ini masyarakat hanya tahu dengan dua jenis ayam, yakni ayam pedaging dan juga ayam kampung," katanya lagi.

"Untuk jenis ayam sendiri yang dimiliki oleh anggota Komunitas Ayam Hias Tasik yakni beragam. Mulai dari yang ratusan hingga jutaan rupiah harganya. Seperti ayam poland dan ayam kapas. Biasanya jenis ayam hias ini perawatannya cukup extra dibandingkan ayam biasa." ucap Dia.

"Untuk pakannya sebulan bisa ratusan ribu. Pakan yang dikasih bisa beras merah, ulat  ataupun jagung." ujar Andik Supriatna.

Dalam harapannya, Komunitas Ayam Pelung tasik berharap agar bisa lebih mendapat perhatian dari pemerintah. Hal ini dikarenakan Komunitas Ayam Hias di Jawa Barat sangat banyak sekali" .Pungkasnya.

Jurnalis.(dan)

Tidak ada komentar