Breaking News

Fuji, Siwi SMPN11 Kota Tasikmalaya Yang Jago Silat

Tasik Kota - Qjabar.com

FUJI, Pelajar SMPN 11 Kota Tasikmalaya telah berani tampil di beberapa even pencak Silat, hobi seni bela diri itu diperolehnya saat mencoba ikut bergabung perguruan silat di Kota Tasikmaaya.Ia mulai berlatih pencak silat sejak kelas empat SD, itupun hanya ikut-ikutan.

"Dulu saya cuma ikut-ikut saja waktu ada dibuka cabang, tapi karena senang, jadi saya tekuni ," kata Fuji, kepada Q"Jabar.com, saat ditemui di acara Hari Krida  Pertanian Ke-46, Selasa (17/7/2018).

Fuji Kartikasari ternyata tertarik dengan ilmu beladiri Silat  Wargi Saluyu sejak kecil. Yang paling disukai  anak ke tiga dari  pasangan  Rosidin( bapak) dan ilah(Ibu), ilmu beladiri adalah kekuatan pernapasan.

"Saya sebenarnya sudah suka dengan beladiri Pencak Silat sejak kecil . olahraga itu penuh dengan taknik pernafasan," ujarnya.

Perguruan Pencak Silat Wargi Saluyu dari Padepokan Silat, Puncaksari kelurahan Marga bakti, Kecamatan Cibeurem ,Kota Tasikmalaya.


Ketertarikan tersebut awalnya ikut coba, setelah lebih lama mencoba, membawa dirinya untuk mencoba ikut berlatih,seakan dirinya lebih suka lagi pada beladiri tersebut. Apalagi saat dirinya melihat salah banyak temannya yang ikut bergabung dalam seni beladiri Pencak silat Wargi Saluyu itu.

"Ya saya sangat tertarik apalagi ada  pernafasan yang sangat banyak manfaatnya dan gerakan tari atau jurus-jurusnya. Jadi sebenarnya kalau mau sehat nggak usah obat-obatan cukup olahraga saja. Olahraga ini sangat elok, teknik beladirinya lebih banyak gerakan yang lebih bertahan," kata Fuji.

Dalam kesempatan itu, Fuji menyaksikan kemampuan anggota  pencak silat Wargi Saluyu(WS) lainnya dalam beraksi yang digabungkan dengan teatrikal saat mengisi acara Hari Krida Pertanian(HKP) ke-46"Buat saya melihat pertunjukan teatrikal ini sama saja dengan mengibarkan bendera merah putih," jelasnya.

Ditempat yang sama tidak haya fuji yang masih duduk dibanggku SMP,
Nurosdiawati  salah satu mahasiswi Universitas dikota tasik yang juga menyukai senibeladiri ini menurutnya beladiri ini tidak haya kaum laki-laki saja yang harus bisa,namun perempuan juga harus bisa dan berani  untuk ikut belajar  beladiri."Seni beladiri pencak silat ini perempuan juga harus bisa,paling tidak untuk menjaga diri sendiri dan untuk orang lain."Pungkasnya.

Jurnalis.(dan)

Tidak ada komentar