Breaking News

Terowongan Wilhelmina, Bisa di Jadikan Wisata Sejarah

keadaan Terowongan Wilhelmina sekarang
Kab. Ciamis - Q'Jabar.com

Banyaknya peninggalan sejarah yang tidak terawat, terutama pihak pemerintah yang tidak peduli adanya peninggalan sejarah baik bangunan kuno terutama bangunan tempo dulu, salah satunya terowongan Wilhelmina yang berada di Kabupaten Ciamis yang di bangun pada Zaman penjajahan Belanda, Selasa 16 Januari 2018.

"Terowongan Sumber pada zaman dulu yang bernama Terowongan Wilhelmina yang di resmikan pada tanggal 1 juni 1921. Terowongan ini yang memiliki Panjangnya sekitar 1208 m, dulu Terowongan ini selalu di pakai jalur Kereta Api yang menyambungkan Banjar Cijulang, bahkan jalur Terowongan ini yang menjadi jalur akses untuk transportasi Kereta Api," katanya.

"Terowongan Wilhelmina berdekatan dengan Terowongan yang lain, namun untuk yang sekarang jarak nya pendek sekitar 105 dan 147 m, tidak sama dengan Terowongan Wilhelmina yang jarak nya lebih panjang, bahkan bisa di sebut terowongan terpanjang ketiga nya merupakan tripariat yang sekarang di beri nama Terowongan Sumber," katanya.

keadaan Terowongan Wilhelmina ketika di bangun
Sementara bagi masyarakat setempat berharap jalan yang menuju Terowongan Wilhelmina bisa di perbaiki, karena lokasi jalan lsgi rusak, masyarakat berharap "Terowongan Wilhelmina kalau di tata dan dirawat bisa di jadikan salah satu akses Wisata sejarah dan perlu perhatian pihak pemerintah," pungkasnya.




Tidak ada komentar